Thursday, October 13, 2011

Cara Menghitung Hari Ketujuh Pelaksanaan Aqiqah

Aqiqah berarti menyembelih hewan sebagai tanda syukur atas kelahiran anak. Waktu pelaksanaan aqiqah disunahkan pada hari keutuh kelahirannya sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Buraidah ‘Radhiallahu ‘Anha dari Nabi ‘Shallallaahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam bersabda : ‘Aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh atau hari keempat belas atau hari kedua puluh satu ‘ (HR. Baihaqi dengan sanad shahih)

Para ulama’ menganjurkan agar supaya daging aqiqah tersebut dibagikan dalam keadaan telah dimasak dan bukan dalam keadaan mentah, karena hal itu menambah kebaikan dan syukur atas nikmat ini.



Cara Menghitung Hari Kutujuh

Berkata imam Malik -Rahimahullah: ‘Hari kelahirannya tidak dihitung, kecuali jika dilahirkan sebelum Fajar (Subuh) dari malam hari tersebut. ‘

Contoh:
1. Bayi lahir pada hari Ahad tanggal 5 jam 9 pagi, maka aqiqahnya dilaksanakan pada hari Ahad pekan depan. Karena hari Ahad yang merupakan hari kelahirannya tidak dihitung, dan hari Senin tanggal 6 dihitung sebagai hari pertama kelahirannya.

2. Bayi lahir pada Senin dini hari pukul 2 malam, maka aqiqahnya dilaksanakan pada hari Ahad. Hari Senin yang merupakan hari kelahirannya dihitung karena dia lahir sebelum Fajar (Subuh).

3. Bayi lahir pada hari Senin setelah Fajar (Subuh), maka aqiqahnya dilaksanakan pada hari Senin pekan depan. Hari Senin yang merupakan hari kelahirannya tidak dihitung karena dia lahir setelah Fajar (Subuh).


Maksudnya adalah penyembelihan kambing aqiqah tersebut pada hari ketujuh adapun memasak dan memakannya maka kapan saja boleh.

Berkata Ibnul Qoyyim -Rahimahullah: ‘ Yang dimaksud dengan hari-hari ini (hari ketujuh), adalah karena hari ‘ hari tersebut adalah tingkatan pertama usia yang apabila bayi yang baru lahir telah menyempurnakannya maka berpindah kepada tingkatan kedua yaitu bulan kemudia tahun.’

1 comment:

  1. http://bungaaqiqah.com

    Memberikan solusi bagi anda, dalam menjalankan ibadah Aqiqah Anda cukup menelpon, Kami yang mengerjakan.

    Rasulullah bersabda :
    "Setiap anak digadaikan dengan Aqiqahnya, disembelihkan (binatang) pada hari ke Tujuh dari kelahirannya, dicukur kepalanya dan diberi nama." (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa'i, dan Ibnu Majah

    Kelebihan Layanan yang kami berikan :
    - Pesanan Via Telepon
    - Antar Gratis JABODETABEK
    - Diproses secara Syar'i dan Profesional
    - Harga lebih hemat dan variatif
    - Bonus Buku Risalah Aqiqah 50 exp
    - Siap menyalurkan ke Panti / Yayasan
    - Pesanan diluar JABODETABEK via transfer
    - Pembayaran setelah barang sampai di tempat
    - Menu masakan sesuai permintaan
    - Menerima pesanan Nasi Box
    - Dapatkan Souvenir Menarik (selama persediaan masih ada)

    Bapak Ayyash 02183816686 / 02143931019

    ReplyDelete